NUTRISI YANG DAPAT MENINGKATKAN KUALITAS SPERMA

NUTRISI YANG DAPAT MENINGKATKAN KUALITAS SPERMA

Pria yang sehat akan memproduksi jutaan sperma setiap hari, dan hanya beberapa diantaranya yang akan membuahi sel telur. Ketika kualitas sperma berkurang, contohnya sperma immotile (tidak dapat berpindah secara tepat) atau berbentuk tidak normal (yang dapat merusak kemampuan mereka untuk menembus dinding telur) pembuahan akan membutuhkan waktu lebih lama atau mungkin hanya dapat di peroleh dengan teknologi reproduksi bantuan. Banyak faktor yang dapat mengurangi kualitas sperma, seperti genetik, kondisi kesehatan reproduksi, dan gaya hidup. 

Produksi sperma sangat bergantung pada sintesis DNA setiap kali sel membelah dan mereplikasi, mereka membutuhkan sintesis DNA baru. DNA membutuhkan nutrisi untuk tumbuh dan sebagian besar nutrisi yang diperlukan untuk sintesis DNA berasal dari makanan, asupan nutrisi pria memengaruhi produksi dan kesehatan sel-sel induk dari mana sperma diproduksi.

Asupan nutrisi seperti vitamin dan mikronutrien juga mempengaruhi kualitas dan kuantitas produksi sperma pada pria. berikut beberapa asupan nutrisi untuk memperbaiki kualitas dan kuantitas sperma :

1. KELOMPOK VITAMIN B

Grup vitamin B termasuk niacin dan cobalamin (vitamin B12) berkontribusi untuk memperbaiki dan apotesis sintetis DNA. Mereka melindungi DNA yang membelah dan mereplikasi sel dari kerusakan dan juga membantu menjaga integritas genetik DNA. Sumber vitamin ini bisa ditemukan di telur, salmon, pisang, kerang, kepiting atau produk susu dan turunannya. Vitamin ini juga memainkan peran penting dalam memfasilitasi produksi antioksidan yang disebut homocysteine. Homosistein berperan penting untuk melingungi sel-sel dari kerusakan oksidatif selama produksi sperma.

2. FOLATE

Folat juga termasuk kedalam grup vitamin B karenanya folat juga berperan penting dalam sintesis DNA. Folat mengatur fungsi dua asam amino (sistein dan metionin) yang membantu memfasilitasi proses sintesis DNA. Karena DNA sangat penting untuk produksi sel induk sperma (sel yang menghasilkan sperma pria), folat juga penting untuk produksi sperma. Sumber folat banyak kita temukan di sayur-sayuran berwarna hijau dan polong atau kacang-kacangan.

3. ZINC

Zinc ditemukan dalam konsentrasi yang relatif tinggi di kelenjar prostat, testis dan air mani (cairan mani). Beberapa bukti menyatakan bahwa zinc berperan dalam :

  • mengatur konsumsi oksigen dari sperma
  • mengatur reaksi akrosom sperma (reaksi kepala sperma, yang sangat penting dalam proses pembuahan karena kepala sperma yang menembus dinding telur)
  • memelihara stabilitas dari sel-sel inti, yang mengandung sel DNA.

Zat ini juga dapat kita temukan di daging merah, tiram, daging kepiting, almond, yogurt, dan kacang mede.

4. ANTIOKSIDAN

Ada beberapa bukti bahwa asupan antioksidan mempengaruhi parameter semen. Studi melaporkan bahwa jumlah asupan yang tinggi dari antioksidan vitamin C, E dan β-carotene secara signifikan terkait dengan konsentrasi dan kuantitas sperma yang lebih besar dalam cairan mani dan juga meningkatkan motilitas sperma (gerakan). Kandungan antioksidan banyak ditemukan di berbagai macam buah berry, anggur, ubu merah dan almond.

Dan jangan lupa asupan yang sehat harus diimbangi dengan kegiatan yang sehat juga, seperti berolahraga atau berjalan santai dipagi hari dan jika perlu minum suplemen herbal yang dapat meningkatkan kualitas sperma mu dan juga bisa meningkatkan kuantitasmu di ranjang.

BACA JUGA : MENGENAL MANFAAT DAUN SOM JAWA

458 Comments

Post A Comment