MENGENAL KHASIAT CABAI JAWA

Cabai jawa merupakan salah satu tanaman apotik hiidup dari indonesia. Cabai jawa dapat tumbuh di lahan ketinggian 0 – 600 meter dari permukaan laut (dpl), dengan curah hujan rata-rata 1.259-2.500 mm per tahun. Tanah lempung berpasir, dengan struktur tanah gembur dan berdrainase baik, merupakan lahan yang cocok untuk budidaya cabai jawa. Tanaman ini memiliki keunggulan dapat tumbuh di lahan kering berbatu. Keberadaan tanggul batu di pematang tegalan dapat dijadikan media merambatnya cabai jawa secara alami.

Di dalam cabe jawa (Piper retrofractum Vahl) terdapat kandungan minyak atsiri, piperin, piperidin, dan turunannya yang merupakan sumber bahan baku obat afrodisiaka potensial dan zat-zat tersebut meningkatkan testosteron secara alami. Alkaloid utama yang terdapat di dalam buah cabe jawa adalah piperin, yang dipercaya dapat meningkatkan afrodisiaka yang berpengaruh terhadap hormon testosteron.

Cabe jawa memiliki efek stimulan terhadap peningkatkan stamina tubuh dan efek hormonal. Efek hormonal dari tanaman ini dikenal sebagai efek afrodisiaka yang dapat meningkatkan fungsi seksual. Berdasarkan penelitian secara ilmiah, cabe jawa digunakan sebagai afrodisiaka karena mempunyai efek anabolik-androgenik, dan sebagai antivirus.

Buah, batang dan daun cabai jawa memiliki kandungan manfaat yang baik untuk tubuh seperti asam amino bebas, damar, minyak astiri dan beberapa jenis alkaloid piperin, etanol. Dari kandungan cabai jawa tersebut dapat disimpulkan bahwa cabai jawa memiliki potensi untuk mengatasi disfungsi ereksi. Buah cabai jawa memiliki khasiat sebagai obat sakit perut, masuk angin, beri-beri, rematik, tekanan darah rendah,kolera, influenza, sakit kepala, lemah syahwat atau disfungsi ereksi  dan sesak napas. Karena itu, cabai jawa banyak dibutuhkan sebagai bahan pembuatan jamu tradisional dan obat pil/kapsul modern serta bahan campuran minuman. Rasa pedasnya berasal dari senyawa piperin dengan kandungan sekitar 4,6 persen.

Bela Riski Dinanti dalam karya ilmiahnya yang berjudul “Long Pepper (Piper Retrofractum Vahl) to Overcome Erectile Dysfunction yang di publikasikan oleh Fakultas Kedokteran Lampung menyatakan bahwa tanaman cabai jawa merupakan tanaman hebal yang digunakan sebagai obat untuk meningkatkan stamina tubuh dan meningkatkan efek hormonal. Efek hormonal dalam tanaman ini dikenal sebagai efek afrodisiaka yang dapat meningkatkan fungsi seksual.

Untuk membuat ramuan herbal dari cabai jawa, anda hanya perlu menumbuk seluruh bahan yang sudah dicuci bersih beserta gula dan garam hingga halus dengan menggunakan tumbukan alu atau besi. Hasil tumbukan ini kemudian Anda peras untuk mendapat sarinya. Sari jamu yang Anda dapat lalu Anda campur dengan air matang secukupnya. Aduk hingga rata dan Anda pun dapat menikmati jamu cabe puyang ini.

Jika kalian ingin merasakan khasiatnya tapi tidak ingin repot membuat ramuannya kalian bisa mencoba mengkonsumsi suplemen herbal yang memiliki kandungan cabai jawa secara teratur. Kenapa harus suplemen herbal? karena suplemen herbal tidak memiliki efek samping dan aman untuk digunakan karena terbuat dari bahan yang alami.

BACA JUGA : YANG TERJADI PADA TUBUHMU SAAT KAMU RINDU PASANGAN

231 Comments

Post A Comment