MANFAAT TUMBUHAN RUJAK POLO (TRIBULUS TERRESTIS)

MANFAAT TUMBUHAN RUJAK POLO (TRIBULUS TERRESTIS)

Tumbuhan lain selain som jawa yang memiliki manfaat untuk kesehatan seksual adalah tumbuhan rujak polo atau bahasa ilmiahnya Tribulus Terrestis. Tribulus merupakan tumbuhan tropis, tumbuh dan berkembang di dataran rendah sepanjang tahun (sepanjang musim) sebagai tanaman gulma atau tumbuhan liar yang tumbuh setinggi 10-50 cm. Tanaman ini mempunyai kemampuan untuk tumbuh pada tanah tandus, kering, berpasir, hingga berbatu. Tanaman yang berkembang biak melalui biji ini tumbuh menjalar.

Tanaman ini banyak tumbuh di Cina dan Jepang. Di Indonesia terdapat 2 jenis tribulus, yakni Tribulus terrestris dan Tribulus citoides (keduanya telah dibudidayakan). Tribulus terrestris merupakan tumbuhan luar negeri yang dibawa ke Indonesia. Sedangkan Tribulus citoides merupakan tanaman asli Indonesia yang dapat ditemui pada dataran rendah kepulauan Bali hingga Nusa tenggara.

Ekstrak tribulus memiliki manfaat untuk meningkatkan kadar testosteron sehingga dengan demikian meningkatkan performa seksual laki-laki dan juga membantu membangun masa otot. Dalam pengobatan tradisional Cina Tribulus Terrestis dikenal dengan nama Li Bai Ji, telah lama digunakan sebagai tonik dalam praktek Ayurveda India, dimana ia dikenal dengan nama sanskrit “gokshura”. Tribulus juga digunakan sebagai afrodisiak, diuretik dan obat yang menenangkan di Ayurveda, Unani dan sistem medis lain di India.

Manfaat lain dari Rujak Polo (Tribulus Terrestis) bagi kesehatan pria :

– Meningkatkan gairah

– Mengatasi ejakulasi

– Mengatasi gejala impotensi

– Menguatkan otot dan stamina

Komponen-komponen atau nutrisi utama lainnya dalam Tribulus terrestris adalah saponin steroid. Saponin steroid yang paling aktif di Tribulus disebut protodioscin. Protodioscin telah terbukti memicu pelepasan oksida nitrat dalam jaringan ereksi pada penis. Nitrat oksida mengirimkan sinyal ke pembuluh darah di penis untuk melebar (vasodilatasi), meningkatkan aliran darah, dan menyebabkan ereksi lebih kencang dan lebih penuh. Selain itu zat ini juga akan diubah menjadi hormon dehidroepiandosteron atau DHEA yang merupakan stimulan untuk memproduksi hormon testosteron dan estrogen. Tetapi tribulus bukanlah prekursor dari testosteron. Namun tanaman herbal ini bertugas merangsang tubuh untuk tetap memproduksi hormon tersebut.

Di Eropa, tanaman yang juga dikenal dengan nama “Puncture Vine” atau  Caltrop ini telah digunakan sebagai herbal stimulan untuk menigkatkan libido (kemampuan seksual) pria dan wanita sejak berabad-abad lampau. Selain itu, tanaman ini juga digunakan dalam pengobatan hati, ginjal, serta penyakit saluran pencernaan.

Tumbuhan yang sudah banyak dikenal masyarakat karena kandungan manfaatnya untuk kesehatan, saat ini masih sulit di temukan di Indonesia karena pembudidayaanya yang hanya bisa dilakukan setahun sekali. Jika kalian sulit menemukan tumbuhan ini untuk dijadikan minuman herbal, kalian bisa mencoba mengkonsumsi suplemen herbal SUPREMA, karena tumbuhan ini merupakan salah satu bahan aktif untuk pembuatannya. Suplemen ini juga sudah terdaftar di Badan POM dan sudah teruji kualitasnya, jadi jika kalian memiliki masalah kesehatan seksual kalian tidak perlu khawatir untuk mencoba mengkonsumsi suplemen ini.

BACA JUGA : ALASAN ILMIAH KENAPA SESEORANG SELINGKUH

192 Comments

Post A Comment