CARA MENCEGAH VIRUS CORONA BARU (COVID-19)

virus corona baru

CARA MENCEGAH VIRUS CORONA BARU (COVID-19)

Sejak awal maret 2020 Indonesia khususnya jakarta diguncang dengan berita adanya pasien yang tertular virus corona baru (COVID-19). Virus corona pertama kali terdeteksi di kota wuhan, Provinsi Hubei, Tiongkok pada bulan Desember 2019. Setelah beberapa orang mengalami pneumonia tanpa sebab yang jelas dan prosedur perawatan dan vaksin yang diberikan ternyata tidak efektif. Update per tanggal 22 maret di Indonesia sudah ada 514 orang positif corona. 29 orang sembuh dan 48 orang meninggal dunia. Kita mungkin bertanya-tanya sebenarnya apa sih virus corona ini dan bagaimana cara kita mencegah penyebaran virus ini ?

Virus corona baru atau novel coronavirus (nCoV) adalah jenis virus corona baru yang menimbulkan penyakit yang bernama COVID-19. Sebelum dikenal sebagai COVID-19, penyakit ini dikenal sebagai virus corona baru 2019 atau 2019-nCoV. 

Apakah virus corona baru sama dengan virus penyebab SARS ?

Virus ini mirip dengan keluarga virus yang menyebabkan SARS dan sejumlah influenza biasa. Tapi, corona virus tidak sama dengan SARS. Virus penyebab wabah SARS yang muncul di tahun 2003 memang memiliki hubungan genetik dengan virus penyebab COVID-19. Tetapi penyakit yang ditimbulkannya berbeda. SARS lebih mematikan, tetapi penularannya lebih rendah dibandingkan COVID-19.

Gejala apa yang ditunjukkan oleh orang yang terinfeksi virus ini ?

Bila seseorang terinfeksi virus ini, dia akan menunjukkan gejala dalam 1-14 hari sejak terpapar virus. Gejala umumnya adalah : demam, rasa lelah dan batuk kering. Pada sebagian kecil kasus, virus ini bisa berakibat fatal. Orang lansia dan memiliki masalah kesehatan seperti tekanan darah tinggi, gangguan jantung atau diabetes kemungkinan kan mengalami sakit yang lebih serius.

Bagaimana cara mencegah virus ini ?

Karena gejalanya sangat mirip dengan flu biasa, maka perlu dilakukan tes untuk memastikan apakah seseorang terinfeksi virus corona. Tes tersedia di rumah sakit rujukan bagi orang yang mengalami gejala-gejala atas dasar perintah dokter. Berikut ini kunci pencegahan virus corona (COVID-19) :

  • sering cuci tangan pakai sabun dan air mengalir
  • hindari menyentuh muka
  • jauhi orang yang menunjukkan gejala
  • bila batuk atau bersin. Tutup mulut dan hidung dengan siku terlipat atau tisu yang dibuang langsung ke tempat sampah tertutup setelah dipakai.
  • lakukan social distancing atau pembatasan sosial, sesuai dengan anjuran pemerintah

Pembatasan sosial paling efektif dilakukan ketika infeksi dapat ditularkan melalui kontak percikan atau droplet (batuk atau bersin), kontak fisik langsung, seperti berjabat tangan dan kontak fisik tidak langsung, misalnya dengan menyentuh permukaan yang terkontaminasi (seperti laptop, uang atau handrail tangga umum).

Kamu khususnya pasangan suami istri atau orang yang sudah berkeluarga dan orang dengan lanjut usia, sangat perlu untuk menjalankan anjuran social distancing dan pencegahan lainnya. Karena, siapapun bisa terinfeksi virus ini meskipun kita atau pasangan kita tidak menunjukkan gejala-gejala seperti yang telah disebutkan.

Patuhi dan pantau selalu informasi terkini mengenai virus ini melalui website resmi, karena dengan mengetahui perkembangannya kita akan jauh lebih berhati-hati dan menjaga satu sama lain. Dan dengan melindungi diri kita maka kita juga akan melindungi sesama.

28 Comments

Post A Comment