BAGAIMANA MOTILITAS SPERMA MEMPENGARUHI KESUBURAN ?

motilitas sperma mempengaruhi kesuburan

BAGAIMANA MOTILITAS SPERMA MEMPENGARUHI KESUBURAN ?

Sebelumnya kita telah membahas bahwa kualitas sperma sangat mempengaruhi kesuburan pria. Sperma yang sehat memiliki 4 faktor salah satunya motilitas sperma. Motilitas sperma yang baik sangat mempengaruhi keberhasilan kehamilan atau kesuburan. Motilitas sperma adalah kemampuan sperma untuk bergerak secara efisien ke dalam sel telur. Itulah mengapa motilitas sperma juga dapat mempengaruhi kesuburan. 

Sperma juga perlu memiliki jumlah kromosom yang tepat untuk kehamilan yang sukses. Diperkirakan sekitar 15% – 20% pasangan di seluruh dunia dipengaruhi oleh masalah kesuburan. Dari mereka, ada sekitar 30-40 persen sulit mendapatkan kehamilan karena faktor pria, termasuk karena masalah motilitas sperma.

Apakah motilitas sperma yang buruk mempengaruhi kesuburan ?

Untuk dapat membuahi sel telur, sperma harus sehat. Ada beberapa kriteria utama yang menunjukkan kesehatan sperma, diantaranya:

  • Volume atau jumlah sperma
  • Motilitas (gerakan sperma)
  • Bentuk sperma
  • Reaksi akrosom (fusi membran yang melepaskan enzim dari kepala sperma untuk mendukung pembuahan)
  • Zona pellucida binding (kemampuan sperma menembus ke membran tebal transparan di sekitar sel telur dalam proses pembuahan)
  • Memiliki jumlah kromosom yang tepat agar bayi yang dikandung sempurna

Kerusakan atau kecacatan pada salah satu kriteria yang telah disebutkan bisa menyebabkan pria tidak subur. Oleh karena itu, seorang pria yang gerakan spermanya buruk, kemungkin akan kesulitan mendapatkan keturunan.

Namun dalam laman Medical News Today dijelaskan bahwa hampir 90% masalah kesuburan pria sebenarnya disebabkan oleh jumlah sperma yang sedikit. Akan tetapi, motilitas sperma yang buruk dan bentuk sperma abnormal menyumbang 10%dari hal-hal yang menjadi penyebab pria sulit punya anak

Motilitas sperma dan kehamilan 

Motilitas sperma yang sehat didefinisikan sebagai sperma dengan pergerakan sperma ke depan minimal 25 mikrometer per detik. Angka ini wajib dimiliki sperma agar dapat melewati lendir serviks dan membuahi sel telur. 

Ada berbagai jenis masalah motilitas sperma, termasuk :

  • Pergerakan sperma lambat
  • Gerak sperma tidak progresif atau pergerakan kurang dari 5 mikrometer per detik
  • Tidak ada mobilitas atau pergerakan sama sekali

Untuk mengatasi masalah motilitas sperma yang buruk, kamu bisa memperbaikinya dengan olahraga secara teratur, membatasi paparan radiasi ponsel, mengurangi konsumsi alkohol, berhenti merokok dan menjaga berat badan ideal. Intinya merubah gaya hidup menjadi lebih sehat adalah salah satu cara yang sangat baik untuk memperbaiki motilitas sperma.

KLIK GAMBAR UNTUK TINGKATKAN KUALITAS SPERMA

PRODUK KAMI YANG LAIN : HERBAL DIET DAN HERBAL STAMINA

421 Comments

Post A Comment