APAKAH ALKOHOL MEMPENGARUHI KESUBURAN ?

alkohol mempengaruhi kesuburan

APAKAH ALKOHOL MEMPENGARUHI KESUBURAN ?

Alkohol memang seringkali kita dengar memiliki hubungan yang tidak baik dengan kesuburan. Kita juga sudah sering mendengar tentang efek berbahaya dari minum alkohol saat hamil. Jika kamu sudah hamil dan hanya minum sedikit alkohol pada tahap awal kehamilan dapat memberikan resiko yang buruk terhadap kehamilan dan bayi. Tetapi, Apakah alkohol juga mempengaruhi kesuburan pria ? dan bagaimana minum alkohol mempengaruhi kesuburan pria ?

Bagaimana alkohol mempengaruhi sperma dan kesuburan pria ?

Pada pria, mim alkohol dengan jumlah banyak dapat mempengaruhi kesuburan dengan cara :

  • Menurunkan kadar testosteron dan meningkatkan kadar estrogen yang mengurangi produksi sperma
  • Ukuran testis dapat menyusut dan dapat menyebabkan impotensi atau infertilitas
  • Mengubah pelepasan gonadotropin yang berdampak pada produksi sperma
  • Menyebabkan ejakulasi dini 
  • Mengubah bentuk, ukuran dan pergerakan sperma yang sehat

Berbagai penelitian juga telah menunjukkan bahwa konsumsi alkohol secara berlebihan dapat menurunkan kuantitas dan kualitas sperma. Hal ini dikarenakan alkohol dapat merusak sel-sel sperma dengan masuk ke dalam skrotum melalui aliran darah. Sehingga, sperma terbentuk secara tidak sempurna dan mengganggu pergerakan sperma. 

>> Pelajari lebih lanjut bagaimana motilitas atau pergerakan sperma mempengaruhi kesuburan

Banyak penelitian juga mengatakan bahwa minum sedikit saka dapat memberikan pengaruh pada kesuburan baik pria maupun wanita. Dr Anthony Rutherford, seorang konsultan dalam kedokteran reproduksi dan Ketua British Fertility Society mengatakan, “ada hubungan antara minum alkohol dan kesuburan, meskipun bagaimana tepatnya alkohol membuat wanita kurang subur masih tidak dapat dipahami dengan jelas”. Tapi pertanyaan ini dapat membenarkan bahwa alkohol sangat tidak baik untuk dikonsumsi dalam keadaan apapun, meskipun dalam jumlah yang sedikit.

Pengaruh alkohol pada pria dan wanita 

Selain mempengaruhi kesuburan, alkohol juga sangat mempengaruhi kehidupan seks kita. Banyak orang mempercayai bahwa dengan mengkonsumsi alkohol dapat meningkatkan gairah seks atau memiliki efek afrodisiak. Namun sayangnya pernyataan ini merupakan hal yang keliru, karena nyatanya seiring berjalan waktu, terlalu banyak konsumsi alkohol dapat meredam gairah seks.

Dr Abigael San, psikologi klinis dan pakar alkohol, mengatakan bahwa alkohol mengurangi sensitivitas seksual pria dan wanita. Pada pria alkohol dapat menyebabkan kesulitan mendapatkan dan mempertahankan ereksi. Sementara, pada wanita dapat mengalami pengurangan pelumasan, merasa lebih sulit untuk mengalami orgasme atau memiliki orgasme yang kurang intens.

Untuk mengatasinya, perubahan gaya hidup menjadi lebih sehat dapat menjadi salah satu kunci untuk memastikan bahwa kesuburan dalam keadaan aman. Selain itu, menghindari konsumsi alkohol juga cara yang tepat jika memang karenanya kesuburan menjadi masalah yang tak teratasi.

KLIK GAMBAR UNTUK ATASI MASALAH KESUBURAN

PRODUK KAMI YANG LAIN : MINUMAN HERBAL STAMINA DAN OBAT DIET HERBAL

817 Comments

Post A Comment